SILABUS MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB
TAHUN AJARAN 2020/2021
Nama Sekolah : SMK Al Irsyad Tegal
Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : X
Durasi (Waktu) : 16 JP x (45 Menit)
KI-3
(Pengetahuan) :
memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI-4 (Keterampilan) :
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
NO |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
0 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
1.
|
3.1
mendemonstrasikan
tindak tutur menyapa (salam, menanyakakeadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimakasih (taqdim al-syukr), meminta maaf
(al-isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks
penggunaannya |
3.1.1
memperagakan tata cara menyapa salam, menanyakan
keadaan, memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimaksih (taqdimus
syukr), meminta maaf (al-isti’fa) dan berpamitan (wadaan), dengan
memperhatikan fungsi social |
memperkenalkan
diri (ta’aruf), mengucapkan terimaksih (taqdimus syukr), meminta maaf
(al-isti’fa) dan berpamitan (wadaan) |
2JP* (45) |
4.1 menggunakan tindak tutur menyapa (salam,
menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),
mengucapkan terimakasih (taqdim al- syukr), meminta maaf (al
isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
2.
|
3.2
mengemukakan jati diri (huwiyah), dengan memperhati-kan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
3.2.1
Setiap individu memperagakan jati diri dalam
bahasa arab |
mengemukakan jati diri (huwiyah) |
2JP* (45) |
4.2 menjelaskan jati diri
(huwiyah) dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
3.
|
3.3
mengemukakan nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al- hijriyahmiladiyah),
nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa lailah), waktu dalam bentuk angka (sa’ah), tanggal (tarikh),
dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya |
3.3.1
Menirukan dan memperagakan nama-nama hari (asmaul
ayyam), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masaan, laila),
daktu dalam angka, tanggal, tahun (hijriyah dan miladiyyah) |
nama-nama
hari (asmaul ayyam), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masaan,
laila), daktu dalam angka, tanggal, tahun (hijriyah dan miladiyyah) |
2JP* (45) |
4.3 menggunakan teks sederhana terkait nama hari
(asma al-ayyam), bulan (syuhur
al- hijriyah/miladiyah), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa, lailah), waktu dalam bentuk angka (sa’ah), tanggal (tarikh),
dan tahun (sanah hijriyahmiladiyah),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
4.
|
3.4
menunjukkan bangunan publik (al- mabani al- ‘ammah) yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya |
3.4.1
Memperagakan dan
menunjukkan bangunan public dalam bahasa arab sesuai dengan lingkungan
sekitar |
bangunan publik (al- mabani al- ‘ammah) |
2JP* (45) |
4.4 menggunakan teks
sederhana terkait dengan bangunan publik (al- mabani al-‘ammah) yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-
hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
5.
|
3.5
menggambarkan sifat orang (sifat
al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai
dengan konteks penggunaannya |
Memperagakan dan menirukan sifat-sifat orang (sifat al-insan)
dengan memperhatikan struktur sosial
|
sifat-sifat orang (sifat al-insan) |
2JP* (45) |
4.5 menjelaskan teks
sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai Konteks |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
6.
|
3.6
membedakan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya |
3.6.1
Memperagakan dan
menirukan aktifitas, fungsi benda/ alat sesuai peruntukannya dengan
menggunakan bahasa arab |
aktivitas (ansyithah) orang dan
fungsi (wadhaif) benda/alat |
2JP* (45) |
4.6 menggunakan teks
sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah)
orang dan fungsi (wadhaif)
benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
7.
|
3.7
menyatakan kembali ungkapan
sederhana tentang deskripsi orang (washf
al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya |
3.7.1
Memperagakan dan
meniru ungkapan tentang deskripsi orang (wasf al-insan) |
deskripsi orang (washf al-insan) |
2JP* (45) |
4.7 menjelaskan teks
sederhana terkait deskripsi orang (washf
al- insan), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
8.
|
3.8
menentukan peribahasa Arab,
dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan |
3.8.1
memperagakan dan
menirukan peribahasa dalam bahasa arab |
peribahasa Arab |
2JP* (45) |
4.8 menjelaskan
peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan |
ü
Praktik ü
Lisan ü
Tulisan |
Ø Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan
bahasa dan budaya Ø Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee |
Tegal,
Juli 2020
Guru
Mapel Bahasa Arab
Rohmat
Teguh Nugroho
0 Comments