SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X SMA/SMK/SEDERAJAT TAHUN AJARAN 2020/2021

 

SILABUS MATA PELAJARAN

BAHASA ARAB

TAHUN AJARAN 2020/2021


Nama Sekolah               : SMK Al Irsyad Tegal

Bidang Keahlian           : Semua Bidang Keahlian

Kompetensi Keahlian   : Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran              : Bahasa Arab

Kelas                             : X

Durasi (Waktu)             : 16 JP x (45 Menit)

KI-3 (Pengetahuan)    :

memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI-4 (Keterampilan)     :

mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

 

Sumber Belajar

0

1

2

3

4

5

6

7

1.      

3.1   

mendemonstrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakakeadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimakasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunaannya

3.1.1        memperagakan tata cara menyapa salam, menanyakan keadaan, memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimaksih (taqdimus syukr), meminta maaf (al-isti’fa) dan berpamitan (wadaan), dengan memperhatikan fungsi social

 

memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimaksih (taqdimus syukr), meminta maaf (al-isti’fa) dan berpamitan (wadaan)

2JP* (45)

4.1  

menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimakasih (taqdim al- syukr), meminta maaf (al isti’fa), dan berpamitan

(wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

2.      

3.2   

mengemukakan jati diri (huwiyah), dengan memperhati-kan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan  tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.2.1        Setiap individu memperagakan jati diri dalam bahasa arab

mengemukakan jati diri (huwiyah)

2JP* (45)

4.2  

menjelaskan jati diri (huwiyah) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

3.      

3.3   

mengemukakan nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al- hijriyahmiladiyah), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa lailah), waktu dalam bentuk angka (sa’ah), tanggal (tarikh), dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan  dan  tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.3.1        Menirukan dan memperagakan nama-nama hari (asmaul ayyam), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masaan, laila), daktu dalam angka, tanggal, tahun (hijriyah dan miladiyyah)

nama-nama hari (asmaul ayyam), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masaan, laila), daktu dalam angka, tanggal, tahun (hijriyah dan miladiyyah)

2JP* (45)

4.3  

menggunakan teks sederhana terkait nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al- hijriyah/miladiyah), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa, lailah), waktu dalam bentuk angka (sa’ah), tanggal (tarikh), dan tahun (sanah hijriyahmiladiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

4.      

3.4   

menunjukkan bangunan publik (al- mabani al- ‘ammah) yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan  dan  tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.4.1        Memperagakan dan menunjukkan bangunan public dalam bahasa arab sesuai dengan lingkungan sekitar

bangunan publik (al- mabani al- ‘ammah)

2JP* (45)

4.4  

menggunakan teks sederhana terkait dengan bangunan publik (al- mabani al-‘ammah) yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

5.      

3.5   

menggambarkan sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

Memperagakan dan menirukan sifat-sifat orang (sifat al-insan) dengan memperhatikan struktur sosial

sifat-sifat orang (sifat al-insan)

2JP* (45)

4.5  

menjelaskan teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

6.      

3.6   

membedakan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.6.1        Memperagakan dan menirukan aktifitas, fungsi benda/ alat sesuai peruntukannya dengan menggunakan bahasa arab

aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat

2JP* (45)

4.6  

menggunakan teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

7.      

3.7   

menyatakan kembali ungkapan sederhana tentang deskripsi orang (washf al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.7.1        Memperagakan dan meniru ungkapan tentang deskripsi orang (wasf al-insan)

deskripsi orang (washf al-insan)

2JP* (45)

4.7  

menjelaskan teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

8.      

3.8  menentukan peribahasa Arab, dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

3.8.1        memperagakan dan menirukan peribahasa  dalam bahasa arab

peribahasa Arab

2JP* (45)

4.8  

menjelaskan peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

ü  Praktik

ü  Lisan

ü  Tulisan

 

Ø  Buku pelajaran : Bahasa dan Sastra Arab Peminatan ilmu-ilmu peminatan bahasa dan budaya

Ø  Pembelajaran berbasis IT Aplikasi AraBee

Tegal,  Juli 2020

Guru Mapel Bahasa Arab

 

 

Rohmat Teguh Nugroho

Post a Comment

0 Comments