RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MA/SMA/SMK SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Satuan Pendidikan

: SMK AL IRSYAD TEGAL

Mata Pelajaran

: BAHASA ARAB

Kelas / Semester

: X/2

Alokasi Waktu

: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

KD3

KD 4

ü  Setelah proses pembelajaran SISWA diharap dapat menggambarkan sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.5 menggambarkan sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1   

menjelaskan teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

IPK 3

IPK 4

3.5.1          Memperagakan dan menirukan sifat-sifat orang (sifat al-insan) dengan memperhatikan struktur sosial

4.1.1     mengkreasi  teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

Materi Pembelajaran

Teks lisan dan tulis untuk teks sederhana terkait teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

Model Pembelajaran

Langkah Pembelajaran

1                  Pendekatan pembelajaran (21) : saintifik

2                  Strategi (17) Model Pembelajaran    : Discovery learning (C4, Mandiri, Integritas, )

3                  Metode (18): ekspositori interaktif, observasi, presentasi, diskusi, bermain peran,  demonstrasi. ( integritas)

3.5.1.1    Siswa merespon salam (1,31) dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik (2,15,32) dan pembelajaran sebelumnya. (religiusitas)

3.5.1.2    Siswa menyimak dan  mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. ( literasi)

Mengamati (Stimulation)

3.5.1.3    Siswa mencermati,menganalisis dan mengidentifikasi contoh- contoh teks terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

Menanya (Problem Statement)

3.5.1.4    Siswa merespon pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan  teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks (HOT’S)

3.5.1.5    Siswa menyusun pertanyaan tentang cara menyusun teks sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

Mengkreasi (Statement Creation)

3.5.1.6    Siswa menuliskan hasil identifikasi  cara menyusun teks terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

3.5.1.7    Siswa mempresentasikan cara menyusun TEKS sederhana terkait dengan sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

3.5.1.8    Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan yang dialami saat cara menyusun teks terkait teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

3.5.1.9    Siswa menyimak umpan balik dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam cara menyusun teks tekait teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

Mengkomunikasikan (Generalization)

3.5.1.10 Siswa menyempurnakan kembali teks terkait teks sederhana terkait dengan sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

Mengevaluasi

3.5.1.11 Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, merencanakan tindak lanjut (22) dengan merumuskan tugas individu   untuk pertemuan selanjutnya Siswa dan guru menutup pembelajaran dengan doa, dengan penuh rasa syukur. (religius).

 

Sumber /Media Belajar

1.      Buku ajar Bahasa arab kelas X SMA/MA/SMK/MAK semester 2,

2.      Youtube.com

3.      Blackboard Universitas Elektronic Arabiya

 

ü  Penilaian : Test Lisan dan Tertulis Menyusun dialog teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

                                                                                                             Tegal,  Juli 2020

Mengetahui                                                                                          Guru Mata Pelajaran

Kepala SMK AL IRSYAD TEGAL

 

Refly Fauzan, S.Pd.I                                                                            Rohmat Teguh Nugroho, S.Pd

 

  

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Satuan Pendidikan

: SMK AL IRSYAD TEGAL

Mata Pelajaran

: BAHASA ARAB

Kelas / Semester

: X/2

Alokasi Waktu

: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

KD3

KD 4

Setelah proses pembelajaran SISWA diharap menggunakan teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.6 membedakan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6 menggunakan teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

IPK 3

IPK 4

1.6.1        Memperagakan dan menirukan aktifitas, fungsi benda/ alat sesuai peruntukannya dengan menggunakan bahasa arab

4.6.1 Mengkreasi teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Materi Pembelajaran

Teks lisan dan tulis untuk teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Model Pembelajaran

Langkah Pembelajaran

2.      Pendekatan pembelajaran (21) : saintifik

3.      Strategi (17) Model Pembelajaran   : Discovery learning (C4, Mandiri, Integritas, )

4.      Metode (18): ekspositori interaktif, observasi, presentasi, diskusi, bermain peran,  demonstrasi. ( integritas)

Siswa merespon salam (1,31) dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik (2,15,32) dan pembelajaran sebelumnya. (religiusitas)

Siswa menyimak dan  mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. ( literasi)

Mengamati (Stimulation)

ü  Siswa mencermati,menganalisis dan mengidentifikasi contoh- contoh teks terkait teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Menanya (Problem Statement)

Ø    Siswa merespon pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan  teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. (HOT’S)

Ø    Siswa menyusun pertanyaan tentang cara menyusun teks terkait teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Mengkreasi (Statement Creation)

Ø    Siswa menuliskan hasil identifikasi  cara menyusun teks terkait menyapa salam, menanyakan keadaan, memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimaksih (taqdimus syukr), meminta maaf (al-isti’fa) dan berpamitan (wadaan), dengan memperhatikan fungsi social

Ø     Siswa mempresentasikan cara menyusun TEKS sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Ø     Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan yang dialami saat cara menyusun teks terkait teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Ø    Siswa menyimak umpan balik dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam cara menyusun teks tekait teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Mengkomunikasikan (Generalization)

Ø     Siswa menyempurnakan kembali teks terkait teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Mengevaluasi

Ø     Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, merencanakan tindak lanjut (22) dengan merumuskan tugas individu   untuk pertemuan selanjutnya Siswa dan guru menutup pembelajaran dengan doa, dengan penuh rasa syukur. (religius).

 

Sumber /Media Belajar

4.      Buku ajar Bahasa arab kelas X SMA/MA/SMK/MAK semester 2,

5.      Youtube.com

6.      Blackboard Universitas Elektronic Arabiya

 

Penilaian : Test Lisan dan Tertulis Menyusun dialog teks sederhana terkait dengan aktivitas (ansyithah) orang dan fungsi (wadhaif) benda/alat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

                                                                                                             Tegal,  Juli 2020

Mengetahui                                                                                          Guru Mata Pelajaran

Kepala SMK AL IRSYAD TEGAL

 


Refly Fauzan, S.Pd.I                                                                            Rohmat Teguh Nugroho, S.Pd

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Satuan Pendidikan

: SMK AL IRSYAD TEGAL

Mata Pelajaran

: BAHASA ARAB

Kelas / Semester

: X/2

Alokasi Waktu

: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

KD3

KD 4

ü  Setelah proses pembelajaran SISWA diharap dapat menyatakan kembali ungkapan sederhana tentang deskripsi orang (washf al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.7    menyatakan kembali ungkapan sederhana tentang deskripsi orang (washf al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

1.7    menjelaskan teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

IPK 3

IPK 4

3.7.1           Memperagakan dan meniru ungkapan tentang deskripsi orang (wasf al-insan)

1.7.1        mengkreasi  teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Materi Pembelajaran

Teks lisan dan tulis untuk teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Model Pembelajaran

Langkah Pembelajaran

1.      Pendekatan pembelajaran (21) : saintifik

2.      Strategi (17) Model Pembelajaran   : Discovery learning (C4, Mandiri, Integritas, )

3.      Metode (18): ekspositori interaktif, observasi, presentasi, diskusi, bermain peran,  demonstrasi. ( integritas)

3.7.1.1  Siswa merespon salam (1,31) dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik (2,15,32) dan pembelajaran sebelumnya. (religiusitas)

3.7.1.2  Siswa menyimak dan  mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. ( literasi)

Mengamati (Stimulation)

3.7.1.3  Siswa mencermati,menganalisis dan mengidentifikasi contoh- contoh deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Menanya (Problem Statement)

3.7.1.4  Siswa merespon pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan  teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (HOT’S)

3.7.1.5  Siswa menyusun pertanyaan tentang cara menyusun teks deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Mengkreasi (Statement Creation)

3.7.1.6      Siswa menuliskan hasil identifikasi  cara menyusun teks terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.7.1.7  Siswa mempresentasikan cara menyusun TEKS sederhana terkait dengan deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.7.1.8  Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan yang dialami saat cara menyusun teks terkait teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.7.1.9  Siswa menyimak umpan balik dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam cara menyusun teks sederhana terkait sifat orang (sifat al-insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan  unsur kebahasaan yang benar dan sesuai Konteks

Mengkomunikasikan (Generalization)

3.7.1.10            Siswa menyempurnakan kembali teks terkait teks sederhana terkait dengan deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Mengevaluasi

3.7.1.11  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, merencanakan tindak lanjut (22) dengan merumuskan tugas individu   untuk pertemuan selanjutnya Siswa dan guru menutup pembelajaran dengan doa, dengan penuh rasa syukur. (religius).

 

Sumber /Media Belajar

2.      Buku ajar Bahasa arab kelas X SMA/MA/SMK/MAK semester 2,

3.      Youtube.com

4.      Blackboard Universitas Elektronic Arabiya

 

ü  Penilaian : Test Lisan dan Tertulis Menyusun dialog teks sederhana terkait deskripsi orang (washf al- insan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

                                                                                                             Tegal,  Juli 2020

Mengetahui                                                                                          Guru Mata Pelajaran

Kepala SMK AL IRSYAD TEGAL

 

Refly Fauzan, S.Pd.I                                                                            Rohmat Teguh Nugroho, S.Pd

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Satuan Pendidikan

: SMK AL IRSYAD TEGAL

Mata Pelajaran

: BAHASA ARAB

Kelas / Semester

: X/2

Alokasi Waktu

: 2 JP

Tujuan Pembelajaran

KD3

KD 4

ü  Setelah proses pembelajaran SISWA diharap dapat  menentukan peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

3.8    menentukan peribahasa Arab, dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

4.8    menjelaskan peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

IPK 3

IPK 4

3.8.1           memperagakan dan menirukan peribahasa  dalam bahasa arab

4.8.1        Mendemonstrasikan peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

Materi Pembelajaran

Teks lisan dan tulis untuk teks sederhana terkait peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

Model Pembelajaran

Langkah Pembelajaran

4.      Pendekatan pembelajaran (21) : saintifik

5.      Strategi (17) Model Pembelajaran   : Discovery learning (C4, Mandiri, Integritas, )

6.      Metode (18): ekspositori interaktif, observasi, presentasi, diskusi, bermain peran,  demonstrasi. ( integritas)

3.8.1.1  Siswa merespon salam (1,31) dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik (2,15,32) dan pembelajaran sebelumnya. (religiusitas)

3.8.1.2  Siswa menyimak dan  mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. ( literasi)

Mengamati (Stimulation)

3.8.1.3  Siswa mencermati,menganalisis dan mengidentifikasi contoh- contoh peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

Menanya (Problem Statement)

3.8.1.4  Siswa merespon pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan  teks sederhana terkait peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan (HOT’S)

3.8.1.5  Siswa menyusun pertanyaan tentang cara menyusun teks peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

Mengkreasi (Statement Creation)

3.8.1.6  Siswa menuliskan hasil identifikasi  cara menyusun teks terkait deskripsi peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

3.8.1.7  Siswa mempresentasikan cara menyusun TEKS sederhana terkait peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

3.8.1.8  Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan yang dialami saat cara menyusun teks terkait teks sederhana terkait peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

3.8.1.9  Siswa menyimak umpan balik dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam cara menyusun teks sederhana terkait peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

Mengkomunikasikan (Generalization)

3.8.1.10            Siswa menyempurnakan kembali teks terkait teks sederhana terkait peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

Mengevaluasi

3.8.1.11  Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, merencanakan tindak lanjut (22) dengan merumuskan tugas individu   untuk pertemuan selanjutnya Siswa dan guru menutup pembelajaran dengan doa, dengan penuh rasa syukur. (religius).

 

Sumber /Media Belajar

5        Buku ajar Bahasa arab kelas X SMA/MA/SMK/MAK semester 2,

6        Youtube.com

7        Blackboard Universitas Elektronic Arabiya

 

ü  Penilaian : Test Lisan dan Tertulis Menyusun dialog teks sederhana terkait peribahasa Arab secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

                                                                                                             Tegal,  Juli 2020

Mengetahui                                                                                          Guru Mata Pelajaran

Kepala SMK AL IRSYAD TEGAL

 


Refly Fauzan, S.Pd.I                                                                            Rohmat Teguh Nugroho, S.Pd

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments