Pengertian Kosa kata
2.Teknik Pengajaran Kosa Kata
Dalam pengajaran suatu bahasa, tidak bisa terlepas dari penguasaan kosa kata
bahasa tersebut. demikian halnya dalam pengajaran bahasa arab. Langkah awal
dalam memperkenalkan bahasa arab adalah dengan pengenalan kosa kata (mufrodat)
terlebih dahulu.
Harmer (1991) menyatakan bahwa dalam memperkenalkan kosa kata kepada murid ,
ada empat hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1 .makna kata
2. penggunaan kata
3. pembentukan kata
4. struktur kata
Suatu kata tidak akan lebih berarti tanpa adanya suatu konteks yang melengkapi
arti kata tersebut. apabila suatu kata itu berdiri sendiri,maka kata tersebut
akan mempunyai arti yang tidak pasti, karena kata-kata dalam bahasa arab banyak
mepunyai arti lebih dari satu dalam bahasa indonesia. Untuk itu dalam memperkenalkan
kosa kata sebaiknya guru turut memperkenalkan konteks yang berhubungan dengan
kata tersebut. selain faham arti kata perkata, murid juga nantinya akan faham
arti kata dalam konteks tertentu.
Penggunaan kata tak kalah pentingnya untuk diajarkan pada murid. Dengan
penggunaan kata yang tepat maka murid akan dapat membentuk suatu komunikasi,
setidaknya percakapan yang tepat pula.
Hal yang ketiga adalah pembentukan kata, seperti yang telah kita ketahui bahwa
kata dapat berubah, baik arti ataupun strukturnya. Murid haruslah mengetahui
perubahan kata itu untuk mendapat pemahaman lebih sempurna terhadap konteks
tertentu dalam bahasa arab.
Adapun hal terahir berkaitan dengan pengenalankata-kata dalam bahasa arab
adalah struktur kata. Ada berbagai jenis kata dalam bahasa arab, yaitu kata
benda (isim ), kata kerja (al-af’al) dan kata sifat. Murid harus faham struktur
kata untuk dapat menggunakan dalam kalimat yang benar.
Keempat hal itu tidak bisa dilepaskan dalam proses pengenalan kosa kata bahasa
marab. Kata haruslah diperkenalkan dengan baik secara kontekstual, penggunaan
dalam kalimat, perubahannya dan strukturnya, sehingga murid dapat faham kata
tersebut secara lengkap.
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa pengenalan kata dalam bahasa arab
tidak hanya mengenalkan kata tersebut dan menyuruh murid untuk menghafalnya.
Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengajaran kosa kata menurut Harmer
(1991), yaitu:
1. Pola Ajar
Ada dua pola dalam pengajaran bahasa yaitu pengajaran aktif dan pasif.
Pengajaran aktif tepat digunakan untuk tingkatan murid pemula atau dasar yang
memerlikan banyak latihan dan figur guru yang aktif, sedang pengajaran pasif
tepat digunakan utnuk tingkatan menengah atau tingkatan atas. Dengan pengajaran
pasif, diharapkan muridlah yang lebih aktif dalam mengolah kata-kata yang telah
diberikan.
2. Hubungan antar kata
Dalam hal ini murid diharapkan mampu untuk mengolah kata –kata yang telah
diberiakn dalam suatu kalimat. Penggunaan dalam kalimat akan lebih memamcu
ingatan murid akan arti kata-kata terserbut.
3. Teknik pengajaran tertentu
Ada berbagai cara untuk memperkenalkan kata dengan lebih mudah kepada murid
yaitu :
a. menampilakan realita yang ada, hubungan kata dengan suatu konteks.
b. Denagn gambar yangbbersangkutan dengan kata tersebut
c. Menggunakan bahasa tubuh yang khas utnuk menggambarkan suatu kata
0 Comments